RENCANA BISNIS PT BOUQUET BUNGA
A. RINGKASAN EKSEKUTIF
1. Visi dan Tujuan
PT BOUQUET BUNGA adalah perusahaan
yang bergerak dalam bidang produksi yang menyediakan buket bunga dalam berbagai
tipe untuk beragam kebutuhan. Target pasar kami sangatlah luas, mulai dari
remaja sampai orang dewasa. Seperti yang kami ketahui, karangan bunga saat ini
sering kali terlihat melengkapi acara-acara penting dalam hidup. Seperti ulang
tahun, wisuda, pernikahan dan dalam perayaan lainnya. Dalam rencana
pengembangan usaha, kami bergerak baik dalam dunia maya maupun toko. Dewasa
ini, bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami melihat
peluang yang cukup besar dalam penjualan online. Saat ini kebanyakan orang
lebih memlih hal yang lebih praktis dan cepat tanpa perlu repot. Melalui
penjualan online kami optimis dapat meningkatkan penjualan dengan cukup baik
dan keuntungan yang cukup besar.
1. Visi dan Tujuan
a.
Visi
Melengkapi kebahagiaan Anda dengan
warna dan kesegaran.
b.
Misi
Kami ada untuk melengkapi hari
bahagiamu menjadi lebih sempurna. Kami bertekad untuk selalu menjaga kesegaran
bunga yang kami jual. Senyum anda adalah semangat kami.
c.
Tujuan
Melayani
customer dengan buket bunga yang berkualitas tinggi dengan harga yang
kompetitif.
2. Struktur Organisasi dan Keanggotaan
3. Ringkasan Kegiatan Pemasaran
Bagian paling kiri adalah bunga yang kami sudah sediakan dan bagian sebelahnya yaitu jumlah volume tangkai yang diinginkan. Dan sebelahnya lagi harga satuan setiap buket bunga. Customer bisa memesan dengan berbagai jenis dalam satu bucketnya. Sistem pembayaran yang kami sediakan bisa transfer melalui atm atau bias langsung datang ke toko kami dengan sistem pembayaran cash.
Total Anggaran = Anggaran Produksi + Anggaran Pemasaran + Anggaran Tenaga Kerja = Rp4.140.000 + Rp400.000 + Rp4.900.000 = Rp9.440.000,-
2. Struktur Organisasi dan Keanggotaan
-
Tenaga Produksi :
Ainur Rohmah Al Adawiyah
Nurdita Rahmafitri
Nurfadhilah Ramadhan
Tenaga
produksi bertanggung jawab dalam hal produksi dan peningkatan kualitas produk.
-
Kurir :
Nofrian Samara
Kurir
bertanggung jawab dalam hal transport, membelanjakan bahan dan mengelola stok
barang yang akan digunakan dalam pembuatan produk.
-
Tenaga Pemasaran :
Haryo Fajar
Harun Al Rasyid
Tenaga
pemasaran bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan, komunikasi dengan
customer, program pemasaran termasuk di dalamnya pameran perdagangan dan
kegiatan promosi.
-
Kasir :
Esa Amalia
Kasir
bertanggung jawab dalam mengelola semua anggaran biaya perusahaan dan
pendapatan perusahaan.
3. Ringkasan Kegiatan Pemasaran
Kami menggunakan sosial media dan toko
sebagai sarana utama untuk memasarkan produk kami. Konsumen dapat memilih tipe buket
maupun meminta kami membuat buket bunga yang lebih spesifik melalui media
sosial. Kami akan selalu mengunggah katalog bunga terbaru kami di sosial media,
sehingga konsumen dapat melihat dan mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Dan
untuk konsumen yang membutuhkan bunga saat itu juga, konsumen dapat mendatangi
toko BOUQUET BUNGA.
B.SITUASI PERUSAHAAN
PT BOUQUET
BUNGA ini berlokasi di tempat yang strategis dimana orang-orang dapat dengan mudah
menemukannya, yaitu tepatnya di jalan KH Agus Salim, Menteng Jakarta
Pusat.Target pasar dari produk ini yaitu masyarakat sekitar, dari kalangan
remaja sampai orang dewasa.Usaha ini memiliki banyak pesaingnya terutama di
kalangan mahasiswa namun kami memiliki ide dan inovasi yang kreatif sehingga
produk kami menarik dimata konsumen. Buket bunga sangat diminati oleh
mahasiswa, terlebih saat menjelang wisuda. Pada saat-saat itu para penjual
buket bunga semakin bertambah jumlahnya sehingga persaingan akan semakin ketat.
C. ANALISA PESAING
DAN ISU-ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa pesaing
Bisnis buket bunga biasa digandrungi
oleh para mahasiswa dan masyarakat sekamir kampus. Terlebih disaat masa-masa
wisuda datang, tak jarang para mahasiswa memiliki inisiatif untuk membuat
bisnis bunga wisuda dadakan dengan tarif bersahabat. Mereka menggunakan relasi
teman dan sosial media untuk mempromosikan dagangan mereka. Bisnis bunga wisuda
yang dilakukan para mahasiswa dalam satu kampus bias berjumlah banyak tanpa kami
ketahui, karena persebaran penjualannya yang hanya pada suatu kelompok tertentu.
Lalu para pembisnis lokal di daerah kampus
menambahkan barang jualan mereka saat masa-masa wisuda. Kondisi seperti ini
dapat menjadi pesaing bagi bisnis kami.
Saat ini, di sekitar kampus Gunadarma
H terdapat beberapa penjual karangan bunga baru yang membuka usahanya. Dalam
waktu beberapa minggu, muncul beberapa penjual lain disekamir penjual yang
lama. Kondisi ini kami sadari sebagai kemudahan dalam memulai bisnis. Karena
itu strategi bisnis, pemasaran, dan harga yang dijual benar-benar saat kami
perhatikan untuk dapat tetap bersaing dengan mereka.
2.
Isu – isu yang dihadapi oleh perusahaan
Perkembangan teknologi
memudahkan kami untuk mempromosikan barang dagangan. Hal ini membuat para
pebisnis awam untuk memulai bisnisnya memanfaatkan sosial media. Pembuatan akun penjualan yang gratis
kemudian harga yang lebih murah untuk membuat suatu page akun penjualan di
social media membuka banyak persaingan antar bisnis. Mereka lebih memanfaatkan
social media atau media penjualan lain berbasis internet untuk mempromosikan
dagangan dibanding dengan membuat iklan konvensional. Karena langkah tersebut
lebih efektif dan murah namun justru persebaran informasi tentang dagangan
mereka lebih luas, karena media tersebut
dapat diakses oleh siapa saja tanpa terhalang jarak.
D. TUJUAN PEMASARAN
1. Mengenalkan produk perusahaan kepada khalayak
masyarakat.
2. Meningkatkan keuntungan dan target volume penjualan
perusahaan.
E. STRATEGI
PEMASARAN
1. Product
Product yang
kami tawarkan adalah bunga untuk segala macam acara. Bunga yang dijual adalah
bunga asli yang masih segar dan masih terjaga kualitasnya. Kami menjual buket
bunga yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan customer.
2. Price
Untuk harga
setiap jenis produk bisa lihat dibawah ini.
No.
|
Jenis Bunga
|
Volume Tangkai
|
Harga
|
1
|
Mawar
|
25
50
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
2
|
Lili
|
5
10
|
Rp200.000,-
Rp350.000,-
|
3
|
Gerbera
|
25
50
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
4
|
Carnation
|
25
50
|
Rp350.000,-
Rp650.000,-
|
5
|
Tulip
|
5
10
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
6
|
Anggrek
|
5
10
|
Rp300.000,-
Rp550.000,-
|
Bagian paling kiri adalah bunga yang kami sudah sediakan dan bagian sebelahnya yaitu jumlah volume tangkai yang diinginkan. Dan sebelahnya lagi harga satuan setiap buket bunga. Customer bisa memesan dengan berbagai jenis dalam satu bucketnya. Sistem pembayaran yang kami sediakan bisa transfer melalui atm atau bias langsung datang ke toko kami dengan sistem pembayaran cash.
3. Promotion
Saat ini
kegiatan promosi dilakukan dengan menggunakan media promosi berbasis teknologi.
Hal ini karena kecepatan dan kemudahan akses bagi para pelanggan. Strategi
promosi yang kini banyak digunakan adalah melakukan melalui website dan media
sosial. Penyebaran produk dalam media sosial ini begitu cepat dan efektif. Pelanggan yang ada di dalam atau pun di luar
negeri dapat mengetahuinya.
Kami memasarkan produk melaui situs E-Commerce seperti
BukaLapak, Lazada, Tokopedia. Tapi kami melakukan promosi melaui media sosial
Instagram dan Facebook yang dinilai lebih efesien. Karena pelanggan banyak yang
sudah menggunakan media sosial instagram. Ataupun melalui artis instagram kami
juga bias memasarkan produk yang kami jual. Pelanggan juga bias memesan melaui
instagram ataupun facebook selain di BukaLapak, Lazada, Tokopedia.
4. Place
Kami akan mendirikan booth di dekat-dekat kampus atau
tempat-tempat yang biasa digunakan untuk wisuda para mahasiswa. Selain itu,
display produk dapat dilihat di akun resmi PT BOUQUET BUNGA di seluruh toko
belanja online di Indonesia maupun di media sosial Instagram.
F. KEGIATAN
PEMASARAN
Kegiatan pemasaran adalah hal
terpenting dari suatu badan usaha untuk menjual dan meningkatkan kepercayaan
konsumen pada barang yang akan dijual oleh badan usaha tersebut.
Kegiatan pemasaran dilaksanakan
oleh para tenaga pemasaran kami. Kami melakukan kegiatan pemasaran menggunakan
sosial media sebagai sarana utama untuk memasarkan produk sehingga konsumen
dapat melihat produk buket bunga kami setiap saat kapanpun mereka mau dan
memilih buket manakah yang mereka inginkan.
Tenaga pemasaran akan memasukkan
foto tentang produk-produk terbaru sehingga konsumen dapat mendapatkan/memilih buket
bunga dengan motif/bentuk yang sedang tren di masyarakat saat ini.
Tenaga pemasaran akan membantu
konsumen bila ada pertanyaan apabila konsumen masih merasa bingung tentang
produk atau pelayanan dari kami, dan akan menampung keluhan dan testimoni yang
diberikan oleh konsumen terhadap produk dan layanan kami sehingga kami dapat
membaca tren buket bunga yang sedang ada di lingkungan masyarakat. Jam
pelayanan customer dimulai dari jam 10.00 pagi hingga jam 22.00 malam.
Tenaga pemasaran akan memberikan
harga yang terbaik kepada konsumen dengan harga yang sangat kompetitif mungkin
sehingga konsumen dapat memilih buket bunga manakah yang sesuai dengan budget
mereka.
Dan kami juga akan melakukan
kegiatan pemasaran berupa pendirian booth-booth di sekitar kampus menjelang
kegiatan wisuda sehingga konsumen dapat memilih dan melihatnya secara langsung
bagaimana kualitas dari buket bunga yang kami bentuk.
Dan pada saat ada acara wisuda dari
suatu universitas kami akan berusaha hadir dan menjual produk kami di lokasi
acara sehingga konsumen dapat membeli buket bunga kami secara on the spot.
G. ESTIMASI ANGGARAN
BIAYA
1. Anggaran Biaya Produksi
No.
|
Jenis
Barang
|
Volume
|
Harga (Rp)
|
Jumlah(Rp)
|
1
|
Pembelian Bunga
a.
Mawar
b.
Lili
c.
Gerbera
d.
Carnation
e.
Tulip
f.
Anggrek
|
100
20
100
100
20
15
|
Rp4.000,-
Rp35.000,-
Rp4.000,-
Rp5.000,-
Rp40.000,-
Rp50.000,-
|
Rp400.000,-
Rp700.000,-
Rp400.000,-
Rp500.000,-
Rp800.000,-
Rp750.000,-
|
2
|
Pembelian dedaunan
|
1
|
Rp35.000,-
|
Rp35.000,-
|
3
|
Pembelian kain wrapping
|
1
|
Rp65.000,-
|
Rp65.000,-
|
4
|
Pembelian peralatan
a.
Double Tape
b.
Gunting
c.
Isolasi
d.
Lem tembak
|
3
3
1
1
|
Rp5.000,-
Rp20.000,-
Rp5.000,-
Rp35.000,-
|
Rp15.000,-
Rp60.000,-
Rp5.000,-
Rp35.000,-
|
5
|
Pengharum bunga
|
3
|
Rp10.000,-
|
Rp30.000,-
|
6
|
Pembelian Pita
-Kecil
-Sedang
-Besar
|
10
10
10
|
Rp500,-
Rp1.000,-
Rp2.000,-
|
Rp5.000,-
Rp10.000,-
Rp20.000,-
|
7
|
Pembelian lain-lain
a.
Kertas karton
b.
Plastik
c.
Tisu
|
10
25
10
|
Rp8.500,-
Rp1.000,-
Rp10.000,-
|
Rp85.000,-
Rp25.000,-
Rp100.000,-
|
8
|
Bensin
|
1
|
Rp100.000,-
|
Rp100.000,-
|
Total
|
Rp4.140.000,-
|
2.
Anggaran
Biaya Pemasaran
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Biaya
|
1
|
Pendirian Stan/Booth
|
Rp100.000,-
|
2
|
Iklan media cetak
|
Rp250.000,-
|
3
|
Iklan media sosial
|
Rp50.000,-
|
Total
|
Rp400.000,-
|
3.
Anggaran
Biaya Gaji Tenaga Kerja
No.
|
Tenaga
Kerja
|
Volume
|
Biaya
Gaji
|
Total
Gaji
|
1
|
Tenaga Produksi
|
3
|
Rp850.000,-
|
Rp2.550.000,-
|
2
|
Kurir
|
1
|
Rp650.000,-
|
Rp650.000,-
|
3
|
Tenaga
Pemasaran
|
2
|
Rp500.000,-
|
Rp1.000.000,-
|
4
|
Kasir
|
1
|
Rp700.000,-
|
Rp700.000,-
|
Total
|
Rp4.900.000,-
|
Total Anggaran = Anggaran Produksi + Anggaran Pemasaran + Anggaran Tenaga Kerja = Rp4.140.000 + Rp400.000 + Rp4.900.000 = Rp9.440.000,-
H.
TARGET NUMERIK PERUSAHAAN
Perusahaan
kami merencanakan untuk mendapatkan target keuntungan 50%, dengan volume
penjualan sebesar 200 unit produk per bulan. Kami mengeluarkan 20% dari laba
untuk biaya anggaran produksi, 2% untuk kegiatan pemasaran dan periklanan, lalu
50% untuk biaya upah tenaga kerja.
Dikerjakan bersama :
Ainur Rohmah Al Adawiyah 58414525
alda-aladawiyah.blogspot.com
Esa Amalia 53414656
maharesadhani.blogspot.com
Harun Al Rasyid 54414826
harunalrasyidabadi.blogspot.com
Haryo Fajar 54414833 haryof.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar