PARALLEL COMPUTATION



Parallelism Concept merupakan bentuk dari komputasi yang dapat melakukan tugas secara paralel dengan waktu yang bersamaan. Pemrosesan paralel adalah sebuah bentuk efisien pemrosesan informasi yang menekankan pada eksploitasi dari konkurensi kejadian-kejadian dalam proses komputasi. Pemrosesan paralel dapat terjadi pada beberapa tingkatan proses. Tingkatan tertinggi terjadi di antara banyak pemrosesan atau pada program yang menggunakan multiprogramming, time sharing, dan multiprocessing.


          Distributed Processing adalah kemampuan menjalankan semua proses pengolahan data secara bersamaan antara komputer yang berfungsi sebagai pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah lalu hasil pengolahannya digabungkan menjadi satu penyelesaian total.


Arcitectur Parallel Computer

SISD (Single Instruction - Single Data). Komputer ini memiliki hanya satu prosesor dan satu instruksi yang dieksekusi secara serial. Komputer ini adalah tipe komputer konvensional

SIMD (Single Instruction - Multiple Data). Komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor, tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi secara paralel pada data yang berbeda pada level lock-step.

MISD (Multiple Instruction - Single Data). Komputer ini memiliki satu prosesor dan mengeksekusi beberapa instruksi secara paralel tetapi praktiknya tidak ada komputer yang dibangun dengan arsitektur ini

MIMD (Multiple Instructions - Multiple Data). Komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi lebih dari satu instruksi secara paralel. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini.


     Thread  Programming adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Konsep threading adalah menjalankan 2 proses baik proses yang sama ataupun berbeda dalam satu waktu. Thread di bagi menjadi 2 yaitu:

Static Threading. Teknik ini biasa digunakan untuk komputer dengan chip multiprocessors dan jenis komputer shared-memory lainnya. 

Dynamic Multithreading. Teknik ini merupakan pengembangan dari teknik sebelumnya yang bertujuan untuk kemudahan para programmer dari teknik static threading.



          Message Passing adalah suatu teknik bagaimana mengatur suatu alur komunikasi messaging terhadap proses pada sistem. Message passing dalam ilmu komputer adalah suatu bentuk komunikasi yang digunakan dalam komputasi paralel, pemrograman-pemrograman berorientasi objek, dan komunikasi interproses.

        OpenMP  adalah sebuah antarmuka pemrogrman aplikasi (API) yang mendukung multiprocessing shared memory pemrograman di bahasa C, C++


    CUDA (Compute Unified Device Architecture), merupakan sebuah arsitektur komputer parallel, dikembangkan oleh Nvidia. Teknologi ini dapat digunakan untuk menjalankan proses pengolahan gambar, video, rendering 3D, dll. VGA – VGA dari Nvidia yang sudah menggunakan teknologi CUDA yaitu : Nvidia

   GPU (Graphical Processing Unit) awalnya adalah sebuah prosesor yang berfungsi khusus untuk melakukan rendering pada kartu grafik saja, tetapi seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan rendering, terutama untuk mendekati waktu proses yang realtime, maka meningkat pula kemampuan prosesor grafik tersebu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORGANISASI MATRIKS

PROFIL PERUSAHAAN ZENIUS EDUCATION