4ICU
4ICU(4 International Colleges and
University)
4ICU(4 International Colleges and
University) adalah sebuah mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian
berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki 11.307 Universitas diseluruh dunia
yang sudah terakreditasi yang tersebar di 200 Negara, untuk diperingkatkan dari
baik untuk antar wilayah, Negara, maupun Benua.
Terakreditasi disini,ialah sudah diakui
oleh badan-badan nasional dan sudah dilegalkan,dan berhak memberikan gelar
sarjana bagi mahasiswanya, dan metode pembelajaran yang sesuai yang telah
ditetapkan.
Dari definisi ini bisa memunculkan
berbagai pertanyaan, bagaimana 4ICU ini bekerja, bagaimana metodologi
penelitiannya, dan apa manfaatnya bagi institusi terkait, itu semua akan
penulis bahas selanjutnya dalam artikel ini.
Metodologi Penelitian
Dari definisi yang penulis kutip dari
salah satu web, bisa kita ketahui 4ICU menilai peringkat universitas
berdasarkan kepopuleran web universitas tersebut, namun 4ICU tidak memberikan
rincian yang jelas, 4ICU hanya memberikan acuan penilaian berdasarkan:
-Google Page Rank
-Alexa Traffic Rank
-Majestic SEO
Menurut salah satu web universitas,
langkah langkah penelitian 4ICU seperti berikut,
1) Pengumpulan data
metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang
tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data
2) Penggunaan filter
untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain
yang ada (data outliers)
3) Review data dari
Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan
subdomain sebagai halaman utama yang resmi
4) Data webmetric
kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan
logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil
normalisasi dari data Majestic SEO
5) Nilai normalisasi
dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk
menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi
Manfaat 4ICU
Tentu pemeringkatan universitas diseluruh
dunia ini ada banyak manfaatnya, baik positif maupun negatif,baik untuk
institusi terkait, untuk calon mahasiswa , dan pihak lainnya.
Positifnya bagi institusi terkait:
-Membuat Universitas terkait menjadi
populer dan dikenal
-Bisa menjadi bahan promosi apabila
peringkat Universitas tersebut baik
-Mengetahui seberapa pupuler web
Universitas tersebut, dan masih banyak lainnya.
Negatifnya bagi institusi terkait:
-Membuat rating semakin menurun bila
peringkat Universitas tersebut rendah
-Membuat calon mahasiswa ragu mendaftar di
universitas tersebut bila peringkat rendah
-dan masih banyak lainnya
Komentar
Posting Komentar