BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini
berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang
menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer merupakan salah satu
teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja
manusia. Teknologi komputer telah
diterapkan diber- bagai macam
bidang meliputi pendidikan, kesehatan, perkantoran, telekomunikasi, bisnis,
dan sebagainya, begitu juga
dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah Game, game sangat berkembang pesat seiring
dengan kemajuan teknologi komputer. Game
sangat banyak
diminati baik dari
ka- langan anak-anak, remaja sampai
dengan dewasa. Na- mun pada kesempatan ini penulis ingin
membuat suatu buku yang mengangkat game
yang tak lekang
oleh wak- tu yaitu
game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancang game, kita dapat mempelajari su- atu media yang salah satunya
adalah Arduino. Ardui- no
adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, diran- cang untuk memudahkan
penggunaan elektronik da- lam berbagai bidang.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam pembuatan game tetris
menggunakan ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi
pada:
1.
Pembuatan
Game Tetris menggunakan Arduino.
2. Pembuatan Game ini sebagai bahan
referensi ba- gi pembuat game.
1.3 Tujuan
Tujuan dalam penulisan ini
bermaksud untuk mem- buat game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis
Arduino” dan juga diharapk-
an agar buku ini menjadi
referensi dalam membuat
ga- me dengan arduino
1.4 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang
diterapkan penulis un- tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan
yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga
akan memperoleh gambaran yang jelas tentang
isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan
beberapa pokok persoal- an yang terdiri
dari Latar Belakang
Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign,
Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan
dengan jelas game te-
tris dengan menggunakan arduino, Struktur
Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam
implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan
lebih jauh untuk ke depannya.
Komentar
Posting Komentar