BAB 1 PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja manusia. Teknologi komputer telah diterapkan diber- bagai macam bidang meliputi pendidikan, kesehatan, perkantoran, telekomunikasi, bisnis, dan sebagainya, begitu juga dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah Game, game sangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi komputer. Game sangat banyak diminati baik dari ka- langan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Na- mun pada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu buku yang mengangkat game yang tak lekang oleh wak- tu yaitu game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancang game, kita dapat mempelajari su- atu media yang salah satunya adalah Arduino. Ardui- no adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, diran- cang untuk memudahkan penggunaan elektronik da- lam berbagai bidang.

1.2            Rumusan Masalah

Dalam pembuatan game tetris menggunakan ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi pada:

                  1.    Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2.    Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba- gi pembuat game.

1.3           Tujuan

Tujuan dalam penulisan ini bermaksud untuk mem- buat game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis Arduino” dan juga diharapk- an agar buku ini menjadi referensi dalam membuat ga- me dengan arduino

1.4         Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang diterapkan penulis un- tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akan memperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoal- an yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME  DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign, Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas game te- tris dengan menggunakan arduino, Struktur Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta  Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORGANISASI MATRIKS

PROFIL PERUSAHAAN ZENIUS EDUCATION