BAB 4 PERANCANGAN

4.1             Membangun  Proyek

Salah satu perangkat elektronik DIY jolliFactory hadir dengan Bi-color LED Matrix Driver Module Kit. Modul ini dirancang agar bisa berantai sehingga An- da dapat menyusun modul dengan jumlah modul yang sesuai dengan proyek Anda.
Berikut adalah beberapa proyek yang dibangun meng- gunakan modul Bi-color LED Matrix Driver ini:
  1. Instruksikan untuk membangun 7 Bi-color LED Ma- trix Scrolling Text Display.
  2. Instruksikan untuk membangun Input Suara Ardu- ino Bi-color LED Matrix Scrolling Text Display (Blue- tooth + Android) Instruksikan untuk membangun Vi- sualizer Visual Matrix Audio Matrix berbasis Arduino Sungguh menakjubkan melihat-lihat instruksional dan menemukan proyek yang mungkin menarik minat dan mengilhami Anda untuk memulai proyek atau me- micu gagasan baru untuk proyek Anda.
Tetris adalah permainan video teka-teki yang di- sesuaikan dengan ubin yang dirilis pada tahun 1984 dan merupakan versi genggam yang sangat sukses un- tuk Game Boy yang diluncurkan pada tahun 1989 yang membuat game ini sebagai salah satu yang paling po- puler.
Hanya untuk FUN, kami pikir kami bisa memba- ngun game Tetris sederhana dengan memasang dua modul Bi-warna LED Matrix Driver bersama-sama yang digerakkan oleh mikrokontroler Arduino hanya dengan mengadaptasi proyek serupa yang ditemukan di instruk- sinya. Kami mencari melalui petunjuk di sini tapi tidak berhasil menemukan proyek Tetris yang serupa untuk dikerjakan.
Kami memperluas pencarian kami ke situs online lainnya dan berhasil menemukan beberapa informasi yang kami adaptasikan untuk membangun permainan Tetron LED Matrix Tetris sederhana berbasis Arduino di sini.

Untuk membangun proyek ini, pengetahuan elek- tronika dasar dengan keahlian penyalur komponen elek- tronik dan beberapa pengetahuan tentang penggunaan Arduino diperlukan.





Untuk membangun proyek ini, pengetahuan elek- tronika dasar dengan keahlian penyalur komponen elek- tronik dan beberapa pengetahuan tentang penggunaan Arduino diperlukan.  berikut komponen elektroniknya:



4.1.1Bangun Bi-warna LED Matrix Dri- ver Module




Kami akan membangun dua game Matrix Tetris tinggi di sini didorong oleh Arduino Nano untuk pro- yek ini. Kita membutuhkan dua Bi-color (Red / Gre- en) LED Matrix Driver Module Kit dari jolliFactory. Masing-masing modul ini menggunakan dua MAX7219 Display Driver ICs untuk mengemudikan Bi-color LED Matrix. IC ini sangat bagus karena mereka membu- tuhkan banyak kerja dari mikrokontroler dan menye- derhanakan desain pengkabelan dan logika.
Anda bisa menemukan Bi-color LED Matrix Dri- ver Module kit dari sini.  Kit ini hadir dengan semua komponen melalui lubang dan seseorang dengan kete- rampilan solder dasar harus dapat merakitnya tanpa banyak kesulitan.

                    4.1.2  Pengkabelan
Setelah semua kit Modul Matrix Driver LED sele- sai, mereka terhubung bersamaan dengan mikrokon- troler Arduino Nano seperti yang ditunjukkan pada diagram pengkabelan (Matriks LED tidak terpasang untuk tampilan yang lebih baik).
Untuk keluaran audio game, kami menggunakan sa- tu speaker 8 ohm 0,5 watt yang digerakkan langsung oleh salah satu pin digital Arduino melalui resistor 100 ohm. Nada suara dasar digunakan untuk proyek ini dan volume suara rendah harus cukup untuk permain- an genggam dengan pengaturan sederhana ini.
Empat Panel SPST Panel Sentuh Tombol Push But- ton diperlukan untuk proyek navigasi dan rotasi blok Tetris.
Perhatikan penggunaan resistor pull-down 10Kohms pada pin input DATA IN, CLK dan LOAD. Saat po- wer pertama kali diaplikasikan pada micro-controller atau saat reset, garis I / O saya mengapung. The MAX7219 dapat melihat ini sebagai data yang valid dan menampilkan sampah sampai kendali mikro kon- trol kontrol. Resistor pull-down mencegah masalah ini. Untuk mengurangi jumlah bagian proyek ini, Anda da- pat mencoba tanpa resistor pull-down 10Kohms untuk jalur input DATA IN dan CLK.
Kecuali dua modul Bi-warna LED Matrix Driver dan empat tombol push switch, kami menghubungk- an keseluruhan rangkaian pada bagian kecil perf-board berukuran 60mm x 60mm.
Perhatikan bahwa ada empat tombol mount mount PCB pada perf-board di foto. Awalnya kami meng- gunakannya untuk kontrol permainan namun setelah membangun kandang sederhana untuk permainan, ka- mi memutuskan untuk menggunakan empat panel mo- unt tombol push, bukan untuk kontrol permainan yang lebih baik. Kami sejajar memasang tombol push mo- unt panel dengan tombol tekan mount PCB sehing- ga kontrol permainan sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan tombol tekan panel PCB atau panel.
Edit: Bagi yang tidak mau main-main dengan ka- bel yang terlalu banyak menggunakan perf-board, jolli- Factory telah merancang papan PCB antarmuka yang pas untuk membangun proyek ini. Jika Anda meng- gunakan papan PCB antarmuka ini, ingatlah untuk mengubah output speaker pin digital dari D9 ke D8 pada sketsa yang didownload dari instruksinya ini ke drive speaker.

4.1.3        Memprogram  Dewan Arduino

Dewan Arduino perlu dimuat dengan sketsa Ardu- ino untuk menjalankan display.Kami menggunakan Arduino IDE V1.03 untuk pro- yek kami. Download sketsa Arduino di bawah untuk proyek ini.Download jollifactory_Tetris_V1_1.ino
Sketsa permainan Tetris yang kita miliki di sini sa- ngat mendasar tanpa tingkat permainan dan skor. Anda dapat mengubah dan meningkatkan sketsa.Catatan: Memiliki beberapa masalah dengan modul Matrix LED Bi-warna Anda? Download program uji berikut untuk menguji setiap modul Anda seca- ra terpisah. Layar harus menyala RED, GREEN dan ORANGE di urutan baris demi baris untuk mengisi keseluruhan tampilan berulang-ulang.

             4.14 Sintak  Program

/* Tetris Code
Adapted from Tetris.ino code by



Jae Yeong Bae UBC ECE jocker.tistory.com
/* =============== LED Matrix Display
=============== */
#include <SPI.h>
#define GREEN 0
#define  RED 1
#define offREDoffGREEN 0
#define offREDonGREEN 1
#define onREDoffGREEN 2
#define ISR_FREQ 190 //190=650Hz // Sets the speed of the ISR
int SPI_CS = 10;// This SPI Chip Select pin con- trols the MAX7219
int bi_maxInUse = 2; //No. of Bi-color LED Ma- trix used
int maxInShutdown = RED; // indicates which LED Matrix color is currently off
int SetbrightnessValue = 15; int colorMode = ’3’;
// default color (1 = RED, 2 = GREEN, 3 = ORA- NGE, 4 = blank off)
/*  =========Audio ===============*/
int speakerOut = 9;
#define mC 1911
#define mC1 1804
#define mD 1703
#define mEb 1607
#define mE 1517
#define mF 1432
#define mF1 1352
#define mG 1276
#define mAb 1204



#define mA 1136
#define mBb 1073
#define mB 1012
#define mc 955
#define mc1 902
#define md 851
#define meb 803
#define me 758
#define mf 716
#define mf1 676
#define mg 638
#define mab 602
#define ma 568
#define mbb 536
#define mb 506
#define mp 0 //pause
/* ============= Tetris  Game  =============
*
/ long delays = 0; short delay_ = 500; long bdelay = 0;
short buttondelay = 150; short btdowndelay = 30; short btsidedelay = 80; unsigned char blocktype; unsigned char blockrotation; boolean block[8][18];
//2 extra for rotation boolean pile[8][16]; boolean  disp[8][16];
boolean gameoverFlag = false; boolean selectColor = RED;



unsigned long startTime; unsigned long elapsedTime; int  cnt  = 0;
int buttonRotate = 4;
// Rotate int buttonRight = 5;
// Right int buttonLeft = 6;
// Left int buttonDown = 7;
// Down
//*******************************
void setup() { pinMode(SPI_CS, OUTPUT); pinMode(speakerOut, OUTPUT); TriggerSound();
Serial.begin (9600);
Serial.println(”jolliFactory Tetris LED Matrix Ga- me example 1.1”);
SPI.begin();
//setup SPI Interface bi_maxTransferAll(0x0F, 0x00);
// 00 - Turn off Test mode bi_maxTransferAll(0x09, 0x00);
//Register 09 - BCD Decoding
// 0 = No decoding bi_maxTransferAll(0x0B, 0x07);
//Register B - Scan limit 1-7 //
7 = All LEDS bi_maxTransferAll(0x0C, 0x01); // 01 = on 00 = Power saving mode or shutdown setBrightness();
setISRtimer();
// setup the timer startISR();
// start the timer to toggle shutdown clearDisplay(GREEN); clearDisplay(RED);



int seed = (analogRead(0)+1)* (analogRead(1)+1)* (analogRead(2)+1)*  (analogRead(3)+1);
randomSeed(seed); random(10,9610806);
seed = seed *random(3336,15679912)+analogRead(ran- dom(4)) ;
randomSeed(seed); random(10,98046); cli();
//stop interrupts
//set timer0 interrupt at 2kHz TCCR1A = 0;
// set entire TCCR0A register to 0 TCCR1B = 0;
// same for TCCR0B TCNT1 = 0;
//initialize counter value to 0
// set compare match register for 2khz increments OCR1A = 259;
// = (16*10^6) / (2000*64) - 1 (must be <256)
// turn on CTC mode TCCR1A |= (1 « WGM01);
// Set CS11 and CS10 bits for 1024 prescaler TCCR1B
|= (1 « CS12) | (1 «   CS10);
// enable timer compare interrupt TIMSK1 |= (1
« OCIE0A);
sei();
//allow interrupts
pinMode(buttonRotate, INPUT_PULLUP);
// Rotate pinMode(buttonRight,  INPUT_PULLUP);
// Right pinMode(buttonLeft,  INPUT_PULLUP);
// Left pinMode(buttonDown, INPUT_PULLUP);
// Down newBlock(); updateLED(); }
//******************************* void loop() { delay(30);



if (delays < millis()) { delays = millis() + delay_; movedown(); }
//buttun actions int button = readBut(); if (button
== 1)
//up=rotate rotate();
if (button == 2) //right=moveright moveright(); if (button == 3) //left=moveleft moveleft();
if (button == 4) //down=movedown movedown();
}
//******************************* boolean moveleft() { TriggerSound();
if (space_left()) { int i; int j; for (i=0;i<7;i++) {
for (j=0;j<16;j++) { block[i][j]=block[i+1][j]; }
}
for (j=0;j<16;j++) { block[7][j]=0; } updateLED(); return 1; }
return 0; }
//******************************* boolean  moveright()  { TriggerSound();
if (space_right()) { int i; int j; for (i=7;i>0;i–) { for (j=0;j<16;j++) { block[i][j]=block[i-1][j]; } }
for (j=0;j<16;j++) { block[0][j]=0; } updateLED();
return 1; }
return 0; }
//*******************************
int readBut() { if (bdelay > millis()) { return 0;
}
if ((digitalRead(buttonLeft) == LOW)) { //left bdelay = millis() + btsidedelay; return 2; }



if ((digitalRead(buttonDown) == LOW)) { //do- wn bdelay = millis() + btdowndelay; return 4; }
if ((digitalRead(buttonRight) == LOW)) { //right bdelay = millis() + btsidedelay; return 3; }
if ((digitalRead(buttonRotate) == LOW)) { //ro- tate bdelay = millis() + buttondelay; return 1; } return 0; }
//*******************************
void updateLED() { int i; int j; for (i=0;i<8;i++)
{ for (j=0;j<16;j++) { disp[i][j] = block[i][j] | pile[i][j];
} } }
//*******************************
void rotate() { TriggerSound(); //skip for square block(3) if (blocktype == 3) return;
int xi; int yi; int i; int j;
//detect left for (i=7;i>=0;i–) { for (j=0;j<16;j++)
{ if (block[i][j]) { xi = i; } } }
//detect up for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++)
{ if (block[j][i]) { yi = i; } } }
if (blocktype == 0) { if (blockrotation == 0) { if (!space_left()) {
if (space_right3()) {
if (!moveright()) return; xi++; } else return; } else if (!space_right()) {
if (space_left3()) {
if (!moveleft()) return;
if (!moveleft()) return; xi–; xi–; } else return;



}
else if (!space_right2()) { if (space_left2()) {
if (!moveleft()) return; xi–; } else return;
} block[xi][yi]=0; block[xi][yi+2]=0; block[xi][yi+3]=0; block[xi-1][yi+1]=1; block[xi+1][yi+1]=1; block[xi+2][yi+1]=1; blockrotation = 1; } else { block[xi][yi]=0; block[xi+2][yi]=0; block[xi+3][yi]=0; block[xi+1][yi-1]=1; block[xi+1][yi+1]=1; block[xi+1][yi+2]=1; blockrotation = 0; } }
//offset to mid xi ++; yi ++;
if (blocktype == 1) {
if (blockrotation == 0) { block[xi-1][yi-1] = 0;
block[xi-1][yi] = 0;
block[xi+1][yi] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi+1][yi-1] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 1; }
else if (blockrotation == 1) {



if (!space_left()) {
if (!moveright()) return; xi++; } xi–; block[xi][yi-1]
= 0;
block[xi+1][yi-1] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1;
block[xi+1][yi+1] = 1; blockrotation = 2; }
else if (blockrotation == 2)
{ yi –; block[xi-1][yi] = 0; block[xi+1][yi] = 0;
block[xi+1][yi+1] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi][yi+1] = 1;
block[xi-1][yi+1] = 1; blockrotation = 3; }
else { if (!space_right()) {
if (!moveleft()) return; xi–; } block[xi][yi-1] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi-1] = 1;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1; blockrotation = 0; } } if (blocktype == 2)
{ if (blockrotation == 0) { block[xi+1][yi-1] = 0; block[xi-1][yi] = 0;
block[xi+1][yi] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;



block[xi+1][yi+1] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 1;
} else if (blockrotation == 1) { if (!space_left()) {
if (!moveright()) return; xi++; } xi–; block[xi][yi-1] = 0; block[xi+1][yi+1] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1;
block[xi-1][yi+1] = 1; blockrotation = 2; }
else if (blockrotation == 2) { yi –; block[xi-1][yi] =
0;
block[xi+1][yi] = 0;
block[xi-1][yi+1] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi][yi+1] = 1;
block[xi-1][yi-1] = 1; blockrotation = 3; } else { if (!space_right())
{ if (!moveleft()) return; xi–; } block[xi][yi-1] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi-1] = 0;
block[xi+1][yi-1] = 1;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1; blockrotation = 0; } }
if (blocktype == 4) { if (blockrotation == 0)
{ block[xi+1][yi-1] = 0; block[xi-1][yi] = 0;



block[xi+1][yi] = 1;
block[xi+1][yi+1] = 1; blockrotation = 1; }
else { if (!space_left()) { if (!moveright()) return; xi++; } xi–; block[xi+1][yi] = 0;
block[xi+1][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi-1] = 1; blockrotation = 0; } } if (blocktype == 5)
{ if (blockrotation == 0)
{ block[xi][yi-1] = 0;
block[xi-1][yi] = 0;
block[xi+1][yi] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi+1][yi] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 1; }
else if (blockrotation == 1)
{ if (!space_left())
{ if (!moveright()) return; xi++; } xi–; block[xi][yi-1] = 0;
block[xi+1][yi] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 2; }
else if (blockrotation == 2)
{ yi –; block[xi-1][yi] = 0; block[xi+1][yi] = 0;



block[xi][yi+1] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 3; }
else { if (!space_right()) {
if (!moveleft()) return; xi–; } block[xi][yi-1] = 0;
block[xi-1][yi] = 0;
block[xi][yi+1] = 0;
block[xi][yi-1] = 1;
block[xi-1][yi] = 1;
block[xi+1][yi] = 1; blockrotation = 0; } } if (blocktype == 6)
{ if (blockrotation == 0)
{ block[xi-1][yi-1] = 0;
block[xi][yi-1] = 0;
block[xi+1][yi-1] = 1;
block[xi][yi+1] = 1; blockrotation = 1; }
else { if (!space_left()) {
if (!moveright()) return; xi++; } xi–; block[xi+1][yi-1] = 0; block[xi][yi+1] = 0;
block[xi-1][yi-1] = 1;
block[xi][yi-1] = 1; blockrotation = 0; } }
//if rotating made block and pile overlap, push rows up while (!check_overlap()) { for (i=0;i<18;i++) { for



(j=0;j<8;j++) { block[j][i] = block[j][i+1]; } } delays
= millis() + delay_; } updateLED(); }
//******************************* void movedown() {
if (space_below()) {
//move down int i; for (i=15;i>=0;i–) {
int j; for (j=0;j<8;j++) { block[j][i] = block[j][i-1]; } } for (i=0;i<7;i++) { block[i][0] = 0; } }
else { //merge and new block int i; int j; for (i=0;i<8;i++)
{ for(j=0;j<16;j++) { if (block[i][j]) { pile[i][j]=1; block[i][j]=0;
} } }
newBlock(); }
updateLED(); }
//*******************************
boolean check_overlap() { int i; int j; for (i=0;i<16;i++)
{ for (j=0;j<7;j++) { if (block[j][i])
{ if (pile[j][i]) return false; } } }
for (i=16;i<18;i++) { for  (j=0;j<7;j++)
{ if (block[j][i]) { return false; } } } return true; }
//******************************* void check_gameover() {
int i; int j;
int cnt=0;; for(i=15;i>=0; i–) { cnt=0;
for (j=0;j<8;j++) {
if (pile[j][i]) { cnt ++; } }



if (cnt == 8) { for (j=0;j<8;j++) { pile[j][i]=0; } updateLED();
delay(50); int k;
for(k=i;k>0;k–) { for (j=0;j<8;j++) {
pile[j][k] = pile[j][k-1]; } }
for (j=0;j<8;j++) { pile[j][0] = 0;
} updateLED(); delay(50); i++; } } for(i=0;i<8;i++) {
if (pile[i][0]) gameover(); } return; }
//******************************* void gameover() {
int i; int j;
gameoverFlag = true; startTime = millis(); delay(300);
while(true) //To re-play if any buttons depressed again { int button = readBut();
if ((button < 5) && (button > 0)) { gameover- Flag = false; for(i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { pile[j][i]=0; } }
break; } } }
//******************************* void newBlock() { check_gameover();
if (selectColor == RED) selectColor = GREEN; else selectColor = RED;
blocktype = random(7);
if (blocktype == 0) // 0 // 0 // 0 // 0 { block[3][0]=1;



block[3][1]=1;
block[3][2]=1;
block[3][3]=1; }
if (blocktype == 1) // 0 // 0 0 0 { block[2][0]=1; block[2][1]=1;
block[3][1]=1;
block[4][1]=1; }
if (blocktype == 2) // 0 // 0 0 0 { block[4][0]=1; block[2][1]=1;
block[3][1]=1;
block[4][1]=1; }
if (blocktype == 3) // 0 0 // 0 0 { block[3][0]=1; block[3][1]=1; block[4][0]=1; block[4][1]=1; }
if (blocktype == 4) // 0 0 // 0 0 { block[4][0]=1; block[5][0]=1; block[3][1]=1; block[4][1]=1; }
if (blocktype == 5) // 0 // 0 0 0 { block[4][0]=1; block[3][1]=1; block[4][1]=1; block[5][1]=1; }
if (blocktype == 6) // 0 0 // 0 0 { block[3][0]=1; block[4][0]=1; block[4][1]=1; block[5][1]=1; }
blockrotation = 0; }
//******************************* boolean space_below() { int i;
int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (i == 15) return false;
if (pile[j][i+1]) { return false; } } } } return true; }
//******************************* boolean spa- ce_left2() { int i;
int j;



for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 0 || j == 1) return false; if (pile[j-1][i] | pi- le[j-2][i]) { return false; } } } }
return true; }
//******************************* boolean space_left3() {
int i; int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 0 || j == 1 ||j == 2 ) return false;
if (pile[j-1][i] | pile[j-2][i]|pile[j-3][i]) { return false; }
} } }
return true; }
//******************************* boolean space_left() {
int i; int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 0) return false; if (pile[j-1][i]) { return false;
} } } }
return true; }
//******************************* boolean space_right() {
int i; int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 7) return false;
if (pile[j+1][i]) { return false; } } } } return true; }
//******************************* boolean space_right3() {



int i; int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 7||j == 6||j == 5) return false;
if (pile[j+1][i] |pile[j+2][i] | pile[j+3][i]) { return fal- se; } } }  }
return true; }
//******************************* boolean space_right2() {
int i; int j;
for (i=15;i>=0;i–) { for (j=0;j<8;j++) { if (block[j][i])
{ if (j == 7 || j == 6) return false;
if (pile[j+1][i] |pile[j+2][i]) { return false; } } } } return true; }
//******************************* ISR(TIMER1_COMPA_vect){ //change the 0 to
1 for timer1 and 2 for timer2 LEDRefresh(); }
//******************************* void LEDRefresh() {
int i; int k;
boolean tmpdispUpper[8][8]; boolean tmpdispLower[8][8]; boolean tmppileUpper[8][8]; boolean  tmppileLower[8][8];
//rotate 90 degrees for upper Bicolor LED matrix for (k=0;k<8;k++) { for(i=0;i<8;i++) { tmpdispUp- per[k][i]=disp[i][k]; } }
//rotate 90 degrees for lower Bicolor LED  matrix



for (k=8;k<16;k++) { for(i=0;i<8;i++) { tmpdispLo- wer[k-8][i]=disp[i][k];  } }
//For pile //rotate 90 degrees for upper Bicolor LED matrix for (k=0;k<8;k++) { for(i=0;i<8;i++) { tmppileUpper[k][i]=pile[i][k];  } }
//rotate 90 degrees for lower Bicolor LED matrix for (k=8;k<16;k++) { for(i=0;i<8;i++) { tmppileLo- wer[k-8][i]=pile[i][k]; } }
for(i=0;i<8;i++) { byte upper = 0; int b; for(b = 0;b<8;b++) {
upper «= 1;
if (tmpdispUpper[b][i]) upper |= 1; } byte lower = 0;
for(b = 0; b<8;b++) {
lower «= 1;
if (tmpdispLower[b][i]) lower |= 1; }
if (gameoverFlag == true) { elapsedTime = millis()
- startTime;
// Display random pattern for pre-defined period before blanking display if (elapsedTime < 2000) { bi_ma- xTransferSingle(RED, 1, i, random(255));
bi_maxTransferSingle(RED, 2, i, random(255)); bi_maxTransferSingle(GREEN, 1, i, random(255)); bi_maxTransferSingle(GREEN, 2, i, random(255)); cnt = cnt + 1; if (cnt > 80) { TriggerSound(); Trig-
gerSound(); cnt = 0; } }
else { bi_maxTransferSingle(RED, 1, i, 0x00);
// clear bi_maxTransferSingle(RED, 2, i, 0x00);
// clear
bi_maxTransferSingle(GREEN, 1, i, 0x00);



// clear bi_maxTransferSingle(GREEN, 2, i, 0x00);
// clear } }
else { if (selectColor == RED) { bi_maxTransfer- Single(GREEN, 1, i, lower);
bi_maxTransferSingle(GREEN, 2, i, upper);
} else { bi_maxTransferSingle(RED, 1, i, lower); bi_maxTransferSingle(RED, 2, i, upper); } } } if (gameoverFlag == false) {
// For pile - to display orange for(i=0;i<8;i++) { byte upper = 0; int b; for(b = 0;b<8;b++) { upper «= 1;
if (tmppileUpper[b][i]) upper |= 1; } byte lower = 0; for(b =  0;b<8;b++)
{ lower «= 1;
if (tmppileLower[b][i]) lower |= 1; }
// To alternate color of new block between RED and GREEN if (selectColor == RED) { bi_maxTran- sferSingle(RED, 1, i, lower);
bi_maxTransferSingle(RED, 2, i, upper); }
else { bi_maxTransferSingle(GREEN, 1, i, lower); bi_maxTransferSingle(GREEN, 2, i, upper); }
} } }
//*******************************
// Change Max72xx brightness void setBrightness()
{ bi_maxTransferAll(0x0A, SetbrightnessValue);
//Set Brightness bi_maxTransferAll(0x00,  0x00);
//No-op commands }
//*******************************
// Clear Display void clearDisplay(uint8_t whichCo- lor)



//whichColor = 1 for RED, 2 for GREEN { for (int y=0; y<8; y++) { bi_maxTransferSingle(whichColor, 1, y, 0);
//Turn all Off //For X1 LED matrix Game bi_ma- xTransferSingle(whichColor, 2, y,  0);
//Turn  all Off
//For X1 LED matrix Game } }
//********************************
void bi_maxTransferAll(uint8_t address, uint8_t value) { stopISR(); digitalWrite(SPI_CS, LOW);
for ( int c=1; c<= bi_maxInUse*2;c++) { SPI.tran- sfer(address);
// specify register SPI.transfer(value);
// put data }
digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); }
//*******************************
void bi_maxTransferOne(uint8_t whichMax, uint8_t address, uint8_t value) {
byte noop_reg = 0x00;
//max7219 No op register byte noop_value = 0x00;
//value stopISR();
digitalWrite(SPI_CS, LOW);
for (int i=bi_maxInUse; i>0; i–)
// Loop through our number of Bi-color LED Ma- trices {
if (i==whichMax) {  SPI.transfer(address);
// Send the register address SPI.transfer(value);
// Send the value SPI.transfer(address);
// Send the register address SPI.transfer(value);



// Send the value
} else { SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value } } digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); }
//
//*******************************
void bi_maxTransferSingle(uint8_t whichColor, uint8_t whichMax, uint8_t address, uint8_t value) {
//whichColor = 1 for RED, 2 for GREEN
byte noop_reg = 0x00; //max7219 No op register byte noop_value = 0x00;
//value
stopISR();  digitalWrite(SPI_CS, LOW);
if (whichColor==GREEN) { for (int i=bi_maxI- nUse; i>0; i–)
// Loop through our number of Bi-color LED Ma- trices { if (i==whichMax) { SPI.transfer(address+1);
// Send the register address SPI.transfer(value);
// Send the value SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value
} else { SPI.transfer(noop_reg);



// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value } } } else { for (int i=bi_maxI- nUse; i>0; i–)
// Loop through our number of Bi-color LED Ma- trices { if (i==whichMax) { SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value SPI.transfer(address+1);
// Send the register address SPI.transfer(value);
// Send the value
} else { SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(noop_va- lue);
// Send the value } } } digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); }
//
//*******************************
void bi_maxShutdown(uint8_t cmd) { byte noop_reg
= 0x00;
//max7219_reg_no_op byte shutdown_reg = 0x0c;
//max7219_reg_shutdown byte col = 0x01;



//shutdown false byte col2 = 0x00;
//shutdown true
if (cmd == offREDoffGREEN) { stopISR(); digi- talWrite(SPI_CS, LOW);
for (int c =1; c<= bi_maxInUse; c++) { SPI.tran- sfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col2);
// Send the value SPI.transfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col2);
// Send the value }
digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); } else if (cmd == offREDonGREEN) { stopISR(); digitalWri- te(SPI_CS, LOW);
for (int c =1; c<= bi_maxInUse; c++) { SPI.tran- sfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col);
// Send the value SPI.transfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col2);
// Send the value }
digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); } else if (cmd == onREDoffGREEN) { stopISR(); digitalWri- te(SPI_CS, LOW);
for (int c =1; c<= bi_maxInUse; c++) { SPI.tran- sfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col2);
// Send the value SPI.transfer(shutdown_reg);
// Send the register address SPI.transfer(col);
// Send the value }



digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); }
//No ops register to shift out instructions stopISR(); digitalWrite(SPI_CS, LOW);
for (int c =1; c<= bi_maxInUse; c++) { SPI.tran- sfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(0x00);
// Send the value SPI.transfer(noop_reg);
// Send the register address SPI.transfer(0x00);
// Send the value }
digitalWrite(SPI_CS, HIGH); startISR(); }
//*******************************  void altShutDown()
//alternate shutdown of MAX7219 chips for RED and GREEN LEDs { if (colorMode == ’3’)
//Scrolling in ORANGE { if(maxInShutdown==RED){ bi_maxShutdown(onREDoffGREEN);
maxInShutdown=GREEN; }
else { bi_maxShutdown(offREDonGREEN); maxInShutdown=RED; } }
else if (colorMode == ’2’)
//Scrolling in GREEN { bi_maxShutdown(offRE- DonGREEN);
maxInShutdown=RED; } else if (colorMode == ’1’)
//Scrolling in RED { bi_maxShutdown(onREDo- ffGREEN);
maxInShutdown=GREEN; } else if (colorMode == ’4’)
//Blank Display { bi_maxShutdown(offREDoffGRE- EN);



maxInShutdown=GREEN;  } }
//*******************************    if (colorMode == ’3’)
// ORANGE { if(maxInShutdown==RED){ bi_ma- xShutdown(onREDoffGREEN);
maxInShutdown=GREEN; }
else { bi_maxShutdown(offREDonGREEN); maxInShutdown=RED; } }
else if (colorMode == ’2’) // GREEN { bi_ma- xShutdown(offREDonGREEN);   maxInShutdown=RED;
}
else if (colorMode == ’1’)
// RED { bi_maxShutdown(onREDoffGREEN); ma- xInShutdown=GREEN; }
else if (colorMode == ’4’) //Blank Display { bi_ma- xShutdown(offREDoffGREEN);
maxInShutdown=GREEN;  } }
//*******************************  void setISRtimer()
// setup ISR timer controling toggleing { TCCR2A
= 0x02;
// WGM22=0 + WGM21=1 + WGM20=0 = Mo- de2 (CTC) TCCR2B = 0x05;
// CS22=1 + CS21=0 + CS20=1 = /128 prescaler (125kHz) TCNT2 = 0;
// clear counter OCR2A = ISR_FREQ;
// set TOP (divisor) - see #define }
//*******************************  void startISR()
// Starts the ISR { TCNT2 = 0;
// clear counter (needed here also) TIMSK2|=(1«OCIE2A);



// set interrupts=enabled (calls ISR(TIMER2_COM- PA_vect) }
//*******************************  void stopISR()
//Stops the ISR { TIMSK2&=~(1«OCIE2A);
// disable interrupts }
//******************************* void TriggerSound() {
// Set up a counter to pull from melody[] and be- ats[] for (int i=0; i<MAX_COUNT; i++) { tone_ = melody[i];
beat = beats[i];
duration = beat * tempo;
// Set up timing playTone();
delayMicroseconds(pause);  } }
//*******************************
// Pulse the speaker to play a tone for a particular duration void playTone() { long elapsed_time = 0; if (tone_ > 0) {
// if this isn’t a Rest beat, while the tone has
// played less long than ’duration’, pulse speaker HIGH and LOW while (elapsed_time < duration) {
digitalWrite(speakerOut,HIGH); delayMicrosecon- ds(tone_ / 2);
// DOWN digitalWrite(speakerOut, LOW); delayMicroseconds(tone_ / 2);
// Keep track of how long we pulsed elapsed_time
+= (tone_); } } else {



// Rest beat; loop times delay for (int j = 0; j < rest_count; j++) {
// See NOTE on rest_count delayMicroseconds(du- ration); } } }

                4.1.5    Lampiran dan Majelis





Karena proyek ini hanya dibangun untuk faktor FUN tanpa niat untuk menggunakannya lama, kami tidak terlalu memperhatikan untuk membangun kan- dang yang layak. Namun, kandang yang dibangun harus memungkinkan pemain untuk menggenggam ga- dget agar bisa dimainkan dengan cukup nyaman.
Yang kami punya untuk kandang itu adalah kotak kardus yang dilengkapi dengan pelindung depan ber- warna biru akrilik dengan saklar tombol kontrol pemainan yang terpasang. Kami bahkan tidak menga- mankan modul ke kandang karena mereka pas di dalam kandang.
Kami tidak akan menyelidiki detail tentang bagai- mana kami membangun kandang permainan kami di sini. Gambar-gambar tersebut menunjukkan berba- gai tahap perakitan sub-modul yang lengkap bersama- sama.

            4.2             Spesifikasi


Game ini menggunakan LCD pada nuvoton sebagai tampilan dan seven segment untuk menampilkan sco- re.Permainan ini dimulai pada level 1 yaitu dengan ba- lok kecepatan yang lambat. Seiring berjalannya waktu, ketika mencapaiscore tertentu maka permainan akan otomatis berpindah levelsehingga kecepatan bermain akan meningkat dan kesulitan akan meningkat. Per- mainan selesai apabila blok tetris yang akan datang tidak dapat muncul secara sempurna dilayar.Game ter- sebut menggunakan lima buah tombol keypad, LCD, dan Seven Segment yang tersedia di Board Nuvoton.Berikut spesifikasi dari Game Tetris tersebut spesifikasi tersebut adalah sebagai  berikut:
   Game ditampilkan di LCD dan score ditampikan di seven segment.
   Contoler terdiri dari 4 buah tombol, tombol hijau untuk menurunkan lebih cepat rangkain , tom- bol putih untuk memutar rangkaina, tombol biru dan merah untuk menggerakn kekanan dan kekiri pada rangkain tersebut.
                 •   mesin yang bebent                      
                       4.2.1  FSM game Tetris
             Berikut FSM dari gae tetris tersebut.

Gambar4.5 FSM game tetris

Gambar 4.6 DFD game tetris

                        4.2.2      Teknik Implmentasi Real Time

Teknik implementasi real time untuk game tetris ini menggunakan RTOS. Penggunaan RTOS pada game ini menjadikan game tetris fast respon terhadap input yang diberikan. Game tetris ini dalam pembuatannya menggunakan 4 task yang berjalan secara roundrobi- nyaitu task A untuk menjalankan FSM game tetris dan scanningtombol, task B untuk menjalankan tampilan LCD, task C untuk menjalankan perhitungan blok te- tris dan update score, dan task C untuk menjalankan scanning seven segment.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORGANISASI MATRIKS

PROFIL PERUSAHAAN ZENIUS EDUCATION